ELEMEN KE ENAM DARI GREAT MANAGER 2

Oleh  Rodd Wagner and James K. Harter dari Gallup Management Journal

Sedikit panduan bagi karyawan lama
Disamping kepentingnya pada setiap titik dalam karir, frekuensi dari hubungan Elemen Keenam terus menurun seiring dengan usia dan masa jabatan dalam organisasi. Lebih dari setengah karyawan berusia 18 sampai 24 dan mereka bekerja yang kurang dari enam bulan menunjukkan bahwa seseorang di tempat kerja mendorong perkembangan mereka. Tapi persentase turun hanya 1 dalam 4 untukpekerjadi atas usia 55 tahun, dan 1 dalam 5 untuk pekerja dengan 10 atau lebih tahun di sebuah perusahaan tertentu. Tidak ada dalam data yang menunjukkan bahwa memiliki mentor adalah tidak kurang penting bagi manajer senior atau karyawan daripada untuk pendatang baru, namun tampaknya banyak perusahaan tidak memperhatikan bimbingan bagi mereka yang sudah lama, karyawan yang loyal serta mereka yang baru saja tiba.

Konsisten dengan sirkuit imitasi biologis, Elemen Keenam juga memiliki hubungan terkuat melalui tingkat perusahaan. Eksekutif yang memiliki mentor lebih mungkin untuk menjadi salah satu, pembentuk efek suksesi dari CEO untuk lini depan karyawan. Unsur Keenam adalah yang paling sensitif di antara 12 ini fenomena "manajer melihat, manajer berbuat." Seorang supervisor yang engages merasa adanya keinginan timbal balik  terhadap atasannya dan minat tertentu dalam melihat bakat baru berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Bimbingan seorang karyawan, baru yang lebih muda oleh seorang manajer adalah contoh stereotip karena paling mendekati hubunganMentor dan Telemachus. Namun dalam penggunaan terluas, seperti yang ditangkap oleh Elemen Keenam, seorang mentor adalah orang yang, di mata karyawan, memastikan dia berhasil mengarungi jalan. Aspek penting bukanlah istilah yang banyak pelindung ini berlalu teman, pelatih, penasihat, sponsor, konselor, atau pendukung tetapi apakah karyawan merasa dia tidak ditinggalkan sendiri di dalam bisnis.

Salah satu karyawan mengatakan berterima kasih atas panduan nya dalam sebuah wawancara Gallup: "Dia telah melihat hal-hal dalam diri saya yang tidak bisa saya lihat dalam diri saya sendiri, telah mendorong saya untuk unggul, mengundang saya untuk dipromosikan, mendukung saya dan saya  tetap semangat ketika sedang berpikir, "Wah, tidak akankah saya tenggelam kalau melakukan ini? Apakah Anda yakin saya bisa??" Dan dia mengatakan kepada saya, Anda mungkin sedikit kerepotan, tetapi Anda tidak akan tenggelam . Kami tidak akan membiarkan Anda.. ""

Hasil yang sama menggunakan metode kuantitatif telah dicapai puluhan kali dalam  berbagai macam pengaturan. Sebagai contoh, siswa tahun pertama MBA dibantu oleh siswa tahun kedua yang ditugaskan untuk membantu mereka menavigasi program tersebut mengatakan bimbingan membantu mereka cocok di sekolah pascasarjana, dan bahwa mereka lebih terbantu para siswa lebih berpengalaman, lebih mengurangi stres mereka. Kegagalan berulang-ulang dari manual pelatihan atau sistim komputerisasi "manajemen pengetahuan" telah menunjukkan bahwa informasi , dari fakta-fakta nyata sampai saran yang paling tidak resmi, tetapi membantu, berjalan jauh lebih efektif melalui jenis saluran yang sangat pribadi tersebut.

"Kami berpengalaman kerja sebagai manusia, aktivitas sosial yang melibatkan kebutuhan sosial yang sama dan tanggapan sebagai bagian lain dari kehidupan kita: kebutuhan untuk berhubungandan bekerjasama, dukungan dan kepercayaan, rasa memiliki, keadilan dan pengakuan," tulis Cohen dan Laurence Prusak rekannya. "Tapi analis masih sering melihat organisasi sebagai mesin (untuk memproduksi barang, jasa, atau pengetahuan) atau sebagai kumpulan individu berfokus pada diri sendiri " agen bebas atau usaha individu yang entah bagaimana mampu mengkoordinasikan masing-masing bertujuan individu nya cukup lama untuk menyelesaikan tugas. "

Manfaat bagi manajer muda
Pada awal 1980-an, Boston University Profesor Kathy E. Kram mewawancarai para manajer muda di sebuah
listrik publik di timur laut Amerika Serikat tentang karir mereka. Pertanyaan kuncinya: "? Apakah ada di antara orang-orang yang Anda sebutkan hari ini bahwa Anda merasa telah memperdulikan Anda dan perkembangan Anda ?" Dalam tindak lanjut wawancara, ia bertanya para manajer tentang sponsor mereka.

Dari wawancara, profesor mengidentifikasi sejumlah manfaat yang diterima manajer muda . "Melalui fungsi karir, termasuk sponsor, pelatihan, perlindungan, pengalaman dan perencanaan, dan tugas pekerjaan yang menantang, seorang manajer muda dibantu dalam belajar  kehidupan berorganisasi dan dalam mempersiapkan peluang kemajuan," tulisnya. Sama pentingnya, anak didik menerima dukungan "psikososial"  model peran, perasaan diterima dan konfirmasi yang mereka lakukan dengan baik, konseling, dan persahabatan.

Orang membutuhkan model peran yang prestasinya dalam jangkauan. Mentor yang sabar  dan mudah didekati dapat membawa ketujuan yang tampaknya mustahil menjadi nyatadan memberi mereka yang mendapatkan  nasihat , rasa percaya diri.

Banyak orang yang sangat berhasil bisa mengingat waktu di awal karir mereka ketika mengalami kejadian yang membuat semua berbeda. "Bahkan," tulis "Dilbert" kartunis dan kritisi bisnis  Scott Adams, "orang yang paling berpengaruh dalam hidup saya mungkin bahkan tidak menyadari hal-hal mereka telah mengajari saya."

Adams menggambarkan bagaimana penderitaan ketika ditolak satu demi satu sebelum akhirnya Sarah Gillespie, seorang editor di United Media, memanggilnya untuk menawarkan kontrak. "Awalnya, saya tidak percaya padanya . Aku bertanya apakah aku harus mengubah gaya saya, mendapatkan pasangan .. Atau belajar cara menggambar Tapi dia percaya bahwa saya sudah cukup baik untuk menjadi kartunis sindikasi nasional, "tulisnya.

 "Kepercayaan nya pada saya benar-benar mengubah kerangka acuan saya: Itu mengubah bagaimana saya berpikir tentang kemampuan saya sendiri .Ini mungkin terdengar aneh, tapi dari menit aku menutup telepon dengan dia, aku bisa menggambar lebih baik.Anda dapat melihat peningkatan yang nyata  dalam kualitas kartun . Aku terarik setelah percakapan itu. "


Manfaat menjadi anak didik jelas, dan mereka kadang-kadang 
termotivasi begitu rupa sehingga melebihi manfaat menjadi mentor. Namun, kepuasan dari memotivasi pengembangan orang lain datang melalui dalam beberapa wawancara Kram . "Saya dapat memberitahu Anda bahwa kepuasan terbesar yang saya dapatkan adalah melihat seseorang yang Anda yakini berkembang jauh dari harapan Anda dan benar-benar melihat mereka mendapatkan pengakuan," kata salah satu supervisor.

"Untuk melihat mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik dan melihat mereka  diakui yang mungkin paling memuaskan, seperti melihat anak Anda lulus dari perguruan tinggi, seperti melihat ibumu mendapatkan gelar ketika dia 45 tahun – itu semacam kebanggaan yang Anda terima. Anda tahu bahwa Anda yakin kepada orang-orang ini, Anda membantu mereka , tetapi Anda belum memberitahu mereka apa yang harus dilakukan… Ini seperti membesarkan anak… ketika Anda melihat orang-orang mendapat promosi dan  kau benar-benar senang. Dan Anda berkata, "tahukah kamu, aku punya andil dengan itu.". "

Powered by Qumana

Leave a Reply

